PAMSIMAS JILID I

PAMSIMAS JILID I

Bagian I Pendahuluan :

Dengan mengucapkan puji Syukur ke hadirat Alloh SWT, Penulis memandang perlu untuk disampaikan kepada khalayak bahwa adanya Air Bersih yang sekarang di nikmati oleh warga masyarakat Desa Buniayu prosesnya diawali pada penghujung tahun 2009 bahwa masyarakat melalui pertemuan desa telah mengajukan Surat Pernyataan Minat Keikutsertaan PAMSIMAS (SPMKP) dengan surat Nomor : 140/240/XII/2009 tertanggal 03 Desember 2009.

Dan telah ditetapkan dengan surat bupati banyumas nomor : 050/04/2010 tertanggal 04 Januari 2010 yang menerangkan bahwa masyarakat telah melaksanakan proses perencanaan kegiatan Pamsimas baik untuk sarana air minum, sanitasi, bidang kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.Dengan kesediaan konstribusi berupa swadaya masyarakat desa sebesar 20 % dari total anggaran Rp. 275.000.000,- dengan perincian :
a. Incash berupa uang tunai 4% senilai Rp. 11.000.000,-
b. Inkind berupa tenaga dan material 16% senilai Rp.44.000.000,-

Bahwa untuk melaksanakan kegiatan PAMSIMAS, bertempat di Balai Desa Buniayu pada hari Senin tanggal 10 Juni 2010 dengan dipimpin oleh Kepala Desa Buniayu, telah diadakan rembug warga untuk membentuk suatu organisasi masyarakat warga berbentuk Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) untuk melaksanakan Rencana Kerja Masyarakat (RKM). Dan lembaga ini dikuatkan dengan Akta Pendirian Lembaga Keswadayaan Masyarakat – LKM “ TIRTO RAHAYU “ dihadapkan kepada Notaris PURWATI PUJI RAHAYU, S.H,M.Kn dengan nomor : 37 tanggal 17 Juni 2019. Struktur dari Organisasi dari LKM “TIRTO RAHAYU“ adalah Koordinator : Tjatim Sedjati, Kesekretariatan : Ahmad Muhyadi dan Suripah.

LKM berfungsi sebagai wadah masyarakat dalam menggalang kebersamaan seluruh warga dalam menggalang kebersamaan seluruh warga dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak secara mandiri, terpadu, berkelanjutan dan berkesinambungan. Dengan tujuan agar masyarakat warga memiliki : Organisasi masyarakat warga (civil society organization) yang merdeka dan memiliki posisi serta kekuatan runding yang setara dengan para pelaku pembangunan di daerah; Organisasi masyarakat warga yang dapat menampung aspirasi dan kebutuhan sarpras lingkungan/social/ekonomi masyarakat dalam rangka menentukan kebijakan public; Sistem kerjasama yang terlembaga antar warga melalui LKM dengan masyarakat yang peduli serta pihak lain dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan pembangunan lingkungan pemukiman sebagai perwuju dan semangat kebersamaan dalam rangka menuju kemandirian.

Untuk melaksanakan kegiatan pembangunan sarana air minum LKM membentuk Satuan Pelaksana (Satlak PAMSIMAS) yang bertugas/berfungsi melaksanakan dan memberdayakan masyarakat dalam pembangunan sarana air minum yang telah telah direncanakan hingga selesai dan dapat berfungsi.

Melihat letak dan geografis Desa Buniayu, LKM bersama dengan warga memutuskan untuk sistem penyediaan air minum yang diusulkan adalah Air Permukaan dengan jenis sistem perpipaan dan gravitasi yang bersumber di bendung besuki (sungai Ijo) dengan kapasitas sumber >10 liter/detik, kapasitas sistem 3 liter/detik dan kebutuhan akan air 1,2 liter/detik dengan jumlah rumah yang dilayani mencapai 313 KK.

Recent Works

Komentar