PAMSIMAS JILID I (LANJUTAN)

PAMSIMAS JILID I (LANJUTAN)

Bagian II Pelaksanaan :

Bahwa LKM sesuai dengan Rencana yang telah di tuangkan dalam RKM I telah dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya adalah Pelatihan teknik dan administrasi pada tahap awal pelaksanaan; Pelatihan Satlak dan Masyarakat dan Pembangunan Sarana Fisik yang dilaksanakan pada tahun kuartal ke 3 thn 2010 yang meliputi pembangunan sarana dan prasana yang paling mendasar dalam perwujudan sarana air minum untuk melayani pada sebagian di tiga wilayah grumbul yaitu : Buniayu, Sigandu dan sebagian kecil Guntur. Sesuai dari kegiatan transect walks yang telah dilaksanakan dan telah diputuskan Opsinya adalah  “ Air Permukaan “.


Pada komponen sarana air bersih dialokasikan dana BLM/APBN sebesar Rp. 182.000.000,- dan In-kind (swadaya warga masyarakat)dinilai dalam uang/rupiah sebesar Rp. 44.000.000,- jadi total Rp. 226.000.000,-. Dari alokasai dana sejumlah tersebut diatas dapat kami sampaikan hasil sarana air minum yang terbangun dari hulu ke hilir, adalah sebagai berikut ;
Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi dari bendung Besuki melalui saluran irigasi yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Buniayu yang berada di Desa Purwodadi (Pipa GIP Med A Ø 3“ dan PVC SNI Ø 3”sepanjang 1.000 m’) ; melintasi Jalan raya didepan Masjid Purwodadi s/d saluran irigasi perdil bundar Buniayu , melewati Talang/sal air diatas jalur rel kereta api ; melewati grumbul Bengkek dan berujung pada Bak Penampung di hal Balai Desa Buniayu(Pipa GIP Med A Ø 2 “ dan PVC SNI  Ø 2 “ sepanjang 1.842 m’).


Dan pada jarak 700 m’ dari titik pengambilan di bendung besuki dibangun instalasi pengolahan air sederhana berupa bangunan pengolahan (treatment)dengan tiga fase penyaringan diantaranya menggunakan batu bahan gamping/kapur , batu kosong, ijuk dan pasir kasar (bangunan uk 2,5 x 7,5 x 1,8) m3 mengunakan konstruksi beton bertulang. Pembangunan bak penampung di hal balai desa Buniayu untuk kapasitas 28,8 m3 uk dimensi( 4 x 4 x 1,8 ) menggunakan konstruksi beton bertulang dengan pembesian 2 lapis  dengan Pipa Inlet Ø 2 “dan pipa Autlet Ø 1,5 “ sejumlah 2 jalur untuk wilayah grumbul Sigandu & Guntur, serta Pipa autlet Ø 1 “ sebanyak 2 jalur  untuk wilyah kisaran balai desa Buniayu, dilengkapi dengan Pipa Peluap Ø 2 “ dan Pipa Penguras Ø 1,5 “.


Pembangunan Bak Pembagi di 3 (tiga)lokasi yaitu di wilayah RT 04 RW 02 ; RT 03 RW 03 dan RT 05 RW 04 dengan dimensi ukuran masing-masing (1.5 x 2,5 x 1,8)m3  serta dibangun 1 unit bak pembagi Pengembangan dengan ukuran (1,2x1,5x1.4)m3 di wilayah RT 02 RW 01. Pembangunan 2 unit KU yang berada : di halamanMasjid bengkekdan halaman balai desa buniayu. Pembangunan jaringan pipa distribusi dari Bak Penampung/BP ( Balai Desa ) ke arah selatan / wilayah RW IV sepanjang 550 m’ menuju bak pembagi di RT 05/04(PVC SNI Ø 1,5 “ ); pembngunan jaringan pipa distribusi dari BP Menuju ke timur wilayah RT 03/03 sepanjang 600 m’(PVC SNI Ø 1,5 “ ) ; Pembangunan jaringan pipa distribusi dari Talang menuju ke timur wilayah RT 04 RW 02 ( PVC Ø 1 “ ) sepanjang 400 m’ dan terakhir Pembangunan jaringan pipa distribusi dari talang ke RT 02 RW 01 sepanjang 350 m’ ( PVC Ø 1 “ ).


Sesuai pada RKM II telah dilaksanakan kegiatan Sanitasi di 3 Sekolah Dasar yang berada di Desa Buniayu yang diisi dengan pelatihan CTPS dan kegiatan-kegiatan lainnya. Dan pelaksanaan /pemicuan terhadap PHS ( Peningkatan Hidup Sehat ) pada masyarakat juga sekolah yang dilaksanakan oleh LKM didampingi oleh fasilitator DMAC Kabupaten Banyumas. Serta pada pelaksanaan kegiatan fisik sarana prasarana mendekati selesai (80%) diadakan juga pelatihan BPS (BadanPengelola Sarana).
LKM bersama Satlak Pamsimas  yang didampingi oleh Fasilitator dari DMAC kab Banyumas akhirnyya mampu menyelesaikan semua yang telah direncanakan bersama-sama warga dan pemerintah Desa Buniayu pada akhir bulan Desember tahun 2010, dengan ada sedikit revisi-revisi yang telah dilakukan dan lebih dahuludikonsultasikandengan Pihak DMAC maupun DPMU Kab Banyumas, sehingga tepatnya pada bulan Desember tahun 2010 LKM “ TIRTO RAHAYU “ melakukan serah terima hasil-hasil kegiatan yang disertai dengan laporan akhir.


Laporan akhir hasil-hasil kegiatan oleh LKM diwakili oleh Sdr Rachmat Setiyadi dan diberikan/diserahkan kepada Kepala Desa Buniayu pada waktu itu Bp. Kasir.Dan oleh pemerintah desa buniayu diserahkan kepada badan pengelola sarana ( BPS ) untuk mengoperasikan, mengelola  atau mengalirkan air bersih dari hulu sungai ke hilir untuk didekatkan kepada masyarakat supaya bisa bermanfaat sehingga tujuan akhir dari adanya Pamsimas yaitu peningkatan  kualitas hidup sehat dengan cara memperbaiki sanitasi yang lebih baik, untuk sanitasi air bersih dan air limbah/kotor.

Recent Works

Komentar