Program Kepala Desa Bertanam Bibit Cengkeh

Program Kepala Desa Bertanam Bibit Cengkeh

Kepala Desa Buniayu Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas (SATORI) telah memberi pengarahan kepada seluruh masyarakat Desa Buniayu untuk bertanam bibit cengkeh untuk masa yang akan datang. Terutama pada tahun 2015. Keberhasilan cengkeh yang telah di gelutinya saat itu sekitar pada tahun 1970an sampai 1980an. Karenanya beliau pernah mengalami harga cengkeh yang sangat menguntungkan dan menghasilkan apalagi pada waktu itu orang-orang yang mempunyai tanah di daerah pegunungan sangat menggiurkan hasilnya.


Namun setelah ada letusan gunung galunggung pada tahun 1982 rata-rata bibit cengkeh yang ada di Desa Buniayu Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas semua mati dikarenakan panasnya abu vulkanik yang menempel pada dedaunan cengkeh. Setelah adanya harga cengkeh sekarang yang sangat fantastis dan menggiurkan, sekitar mulai tahun 2010 sampai dengan sekarang kisaran harga diatas Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) per kilogram pada tahun 2015. Maka dengan kebijakan Kepala Desa Buniayu Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas Bapak Satori menginstruksikan kepada seluruh masyarakat Desa Buniayu untuk bercocok tanam bibit cengkeh untuk diri sendiri, anak, cucu bahkan sampai buyut pada nantinya.


Dengan kebijakan tersebut maka Bapak Satori selaku Kepala Desa Buniayu memberikan bibit cengkeh kepada seluruh warga masyarakat Desa Buniayu yang memiliki tanah/tempat tinggal untuk ditanami disekitar rumahnya dengan cuma-cuma dengan per rumah 5 (lima) batang bibit cengkeh siap tanam untuk Desa Buniayu diperkirakan sekitar 1.100 rumah, sehingga jumlah total pemberian bibit cengkeh sejumlah 5.500 batang pohon cengkeh secara gratis. Ukuran bibit cengkeh tersebut dengan tinggi sekitar 50-80 centimeter, dikarenakan Bapak Satori adalah penggemar penyemaian bibit cengkeh dan bibit pohon durian. Kebetulan beliau punya bibit yang sangat banyak.


Demikian Program Kepala Desa Buniayu Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas dalam hal kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang pertanian/perkebunan yang kebetulan di Desa Buniayu sudah tercukupi di bidang pengairan bantuan Pemerintah Kabupaten Banyumas terutama PAMSIMAS yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Buniayu itu sendiri (by im@m 06/03/2015).

Recent Works

Komentar