Desa Buniayu Dirikan BUMDes

Desa Buniayu Dirikan BUMDes

TAMBAK - Desa Buniayu Kecamatan Tambak, Jumat (6/10) resmi mendirikan Badan dan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes tersebut diberi nama Maju Bersama. BUMDes Maju Bersama merupakan jawaban dari kebutuhan perputaran perekonomian Desa Buniayu. BUMDes terdiri dari 3 unsur. Yakni Pasar Desa, Toko Material dan Toserba. "BUMDes adalah amanah UU. Setelah resmi didirikan, target pada 2018 sudah operasional," kata Sekretari desa Buniayu, Agus Supriadi, Jum'at (6/10).

Dia mengatakan, pertimbangan mendirikan BUMDes diantaranya wilayah Banyumas bagian timur relatif jauh dari pasar. Dengan mendirikan pasar, memudahkan masyarakat dalam memasarkan komoditas lokal seperti hasil Hortikultura dan palawija. Selain itu, pendirian toko material dengan asumsi pembangunan di desa tidak pernah berhenti. Oleh karena itu, material menjadi kebutuhan penting dalam proses pembangunan. Sedangkan pengadaan Toserba juga untuk menampung komoditas lokal desa.

"Dari pada membeli material ke yang lain, jika BUMDes ada toko material maka perputaran uang tidak kemana-mana, tetap di desa. Pembangunan untuk desa, hasil BUMDes juga untuk desa," Ujar Agus. Pendirian BUMDes juga diawali dengan pembangunan los pasar sudah pada 2017. Hingga Oktober, proses los pasar sudah dalam tahap finishing. Lokasi los pasar di RW 02 Dusun Buniayu Desa Buniayu.

Sekretaris kecamatan Tambak, Ika Suprihatin mewanti-wanti agar berhati-hati dalam mengelola BUMDes. Sebab dalam BUMDes terdapat perputaran uang yang tidak sedikit. BUMDes digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan dan kemakmuran desa. "Bagi yang belum paham dikonsultasikan, semua sudah ada aturanya," tegas Ika dalam acara pendirian BUMDes desa Buniayu di pendopo balai desa Buniayu.

Lowongan tenaga BUMDes telah terisi susunan komisaris Kepala Desa, dengan susunan sebagai berikut :

  1. Direk                            : Khoeron, S.Pdi.,
  2. Sekretaris                     : Rahmat S.P. ,
  3. Bendahara                    : Winda,
  4. Kepala Unit toko            : Sugiran,
  5. Kepala Unit Toserba       : Iswayudi
  6. Kepala unit pasar desa   : H. Rekso Pawiro
  7. Pengawas ketua            : Sugiono
  8. Sekretaris                     : Kasino dan Hadirin Anggota.

Recent Works

Komentar